Jumat, 07 Maret 2014

Manfaat Lempar Cakram

Manfaat Lempar Cakram

 


Lempar cakram adalah salah satu olahraga yang paling sering diperlombakan dalam setiap olimpiade yang dilakukan setiap tahunnya. Olahraga ini sendiri diperlombakan dalam cabang olahraga atletik. Dimana olahraga ini tentu saja juga dapat menyehatkan badan kita dan juga memberikan manfaat yang lebih pada badan kita sendiri.
Lempar Cakram sendiri jarang sekali menjadi permainan yang dimainkan oleh masyarakat biasanya ketimbang dengan permainan sepak bola, voli, basket, tenis maupun yang lainnya. Dikarenakan tentu saja terkendala pada lapangan yang harus disediakan untuk melakukan olahraga ini, juga olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang biasanya hanya diperlombakan dan untuk sekolah hanya untuk pengambilan nilai saja, jadi untuk sekarang ini masih jarang masyarakat yang melakukan olahraga ini.
Walaupun jarang terdengar olahraga lempar cakram ini sebagai olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat umum, tetapi cabang olahraga atletik satu ini sangat sering terdengar di olimpiade internasional yang diadakan di dunia dengan di ketuai tuan rumah yang biasanya setiap tahun diselenggarakan, maupun event-event yang biasa berlangsung, dan juga untuk di Indonesia sendiri, pernah diadakan grand prix asia dimana juga memperlombakan lempar cakram dalam cabang olahraga atletik tersebut.
  • Manfaat Lempar Cakram
Lempar cakram ini hampir sama dengan cabang olahraga atletik lainnya, dimana pada cabang olahraga ini sangat mengandalkan kekuatan dari tangan kita untuk dapat melempar sebuah cakram sejauh-jauhnya dan mengalahkan para atlet yang lain. Dalam olahraga ini sendiri tentu saja mempunyai berbagai macam manfaat yang akan diterima oleh para atlet ataupun orang biasa yang melakukannya secara rutin. Untuk lempar cakram ini sendiri banyak sekali hal yang bisa kita petik dalamnya.
Manfaat yang bisa kita ambil pada saat melakukan lempar cakram ini sendiri adalah kita bisa menguatkan otot tangan kita, hal ini dikarenakan pada saat kita melakukan lemparan, tentu saja otot tangan kita bisa tertarik dan lama-lama membuat otot tangan kita menjadi kencang dan akan sangat mudah pada saat kita melakukan lempar cakram tersebut.
Ada beberapa manfaat lagi yang bisa kita dapatkan pada saat melakukan lempar cakram tersebut, pada saat kita sudah sering melakukan lempar cakram ini, otot tangan kita akan menjadi berkembang menjadi kuat dan dapat melakukan lempar cakram menjadi lebih baik dibanding sebelumnya, setidaknya otot tangan kita seperti otot bisep, trisep bisa terbentuk dengan mudah pada saat kita melakukan lempar cakram ini. Tentu saja hal ini membuat kita dapat lebih mudah dalam berolahraga yang lainnya. Karena seperti yang kita tahu biasanya para atlet yang ada pada cabang atletik tidak hanya mendalami satu olahraga saja, tetapi mendalami beberapa olahraga yang ada pada cabang atletik tersebut.
Selain dari manfaat yang ada diatas pada saat kita memainkan lempar cakram ini, tentu saja pengalaman kita akan bertambah dalam cabang atletik olahraga ini. Begitu juga kemampuan pada tubuh kita akan berkembang menjadi baik. Hal ini dapat berupa ketangkasan kita, kecepatan, maupun kekuatan dari diri kita sendiri. Hal ini tentu saja tidak lepas dari bagaimana latihan yang kita lakukan dalam lempar cakram ini, semakin keras usaha dan tekad yang ada pada diri kita, pasti hasil yang didapatkan semakin baik lagi, tentu saja para atlet akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat memecahkan rekor dan mendapatkan juara pada setiap olimpiade yang diadakan.
Lempar cakram ini sendiri juga dapat membuat tulang kita menjadi lebih kuat, hal ini kita tahu sendiri karena seringnya melempar cakram ini semakin lama akan membuat tulang kita menjadi lebih kuat, dan pada saat kita mencapai usia tua, kita tidak akan gampang mengalami osteoporosis atau tulang yang mengalami keroposan. Begitu juga dengan tulang kaki kita, karena pada saat melakukan lemparan, kaki kita juga harus kuat menahan agar lemparan yang kita lakukan pun dapat lebih jauh. Walaupun seperti kita tahu olahraga lempar cakram ini sangat bergantung dari kekuatan tangan kita yang artinya lebih banyak menggunakan otot tangan.

SUMBER: http://ujiansma.com/manfaat-lempar-cakram



Tidak ada komentar:

Posting Komentar