UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PIRING PLASTIK SISWA KELAS V SD NEGERI NGLENGKING MINGGIR SLEMAN
Sawal, Sawal
(2012)
UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN
MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PIRING PLASTIK SISWA KELAS V SD NEGERI
NGLENGKING MINGGIR SLEMAN.
S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Text
1 - 10601247009.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
Text
BAB 1 - 10601247009.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
Text
BAB 2 - 10601247009.pdf Download (406Kb) | Preview |
|
Text
BAB 5 - 10601247009.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN - 10601247009.pdf Download (1360Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar lempar
cakram dengan menggunakan modifikasi media piring plastik siswa kelas V SD
Negeri Nglengking Minggir Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, setiap siklus 2 kali tatap muka dan setiap tatap muka dengan alokasi waktu
90 menit. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas V yang
berjumlah 17 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan naratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Atletik Lempar
Cakram melalui pendekatan modifikasi media piring plastik dapat meningkat. Hal
ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tiap siklus yang diberikan selama
tindakan berlangsung. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan keaktifan siswa
dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti
proses pembelajaran dan terlihat banyak siswa yang memperoleh kesempatan
mencoba tugas yang diberikan guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran
menjadi efektif dengan adanya hasil yang didapat atau tujuan proses pembelajaran
tercapai. Peningkatan kreatifitas siswa yang ditunjukkan dengan adanya siswa
yang menghasilkan ide baru untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru di
dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan ditunjukkan
dengan peningkatan motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran dan siswa
terlihat senang selama pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dan hasil
belajar siswa dapat meningkat serta peningkatan hasil tes keterampilan lempar
cakram yang sebagian besar siswa telah memenuhi KKM (75).
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi Perpustakaan |
|||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Perpustakaan |
|||||||
Depositing User: | Eprints Depositor | |||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2012 03:37 | |||||||
Last Modified: | 28 Nov 2012 03:37 | |||||||
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7897 | SUMBER: |
http://eprints.uny.ac.id/7897/
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar